Selasa, 09 Maret 2010

TUGAS 2 IMK KELAS E


Pendahuluan

Interaksi manusia dan komputer adalah sebuah hubungan antar
a manusia dan komputer yang mempunyai karakteristik tertentu untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan menjalankan sebuah sistem yang bertopengkan sebuah antarmuka (interface). atau Interaksi Manusia Komputer merupakan sekumpulan proses, dialog dan kegiatan dimana melaluinya pengguna memanfaatkan dan berinteraksi dengan komputer. Interaksi Manusia dan Komputer suatu disiplin ilmu yang menekankan pada aspek desain, evaluasi, dan implementasi dari sistem komputer interaktif untuk kegunaan manusia dengan mempertimbangkan fenomena-fenomena di sekitar manusia itu sendiri. Juga merupakan suatu studi ilmiah tentang masyarakat di dalam lingkungan kerjanya.

Di dunia game. Manusia juga bisa saling berinteraksi. Interkasi tersebut juga melibatkan manusia dan komputer untuk melakukannya. Contoh yang paling banyak dan tidak asing lagi yaitu sarana game online. Di sini saya akan mencontohkan salah satu game online yang populer yaitu DOTA.

Aplikasi game

Defense of the Ancients (atau disingkat DotA) adalah sebuah custom map (peta buatan) untuk permainan komputer buatan Blizzard berjudul Warcraft III:Frozen Throne, yang dibuat berdasarkan map "Aeon of Strife" dari permainan Blizzard lainnya, StarCraft. Tujuan utama permainan ini adalah untuk menghancurkan "Ancient" musuh, sebuah struktur yang dijaga ketat di pojok kiri bawah atau kanan atas (yang satu untuk sisi sendiri dan yang satu lagi untuk sisi musuh). Kedua sisi yang bertarung adalah The Sentinel (pasukan penjaga) dan The Scourge (pasukan pembinasa). The Sentinel menjaga Ancient bernama Tree of the World (pohon dunia) di pojok kiri bawah, sedangkan The Scourge menjaga Ancient bernama Frozen Throne (tahta yang membeku) di pojok kanan atas.

Pemain dapat menggunakan tokoh kuat yang disebut "hero" (pahlawan), dan dibantu oleh pahlawan sekutu dan anak buah—petarung (creep) yang dikontrol oleh AI. Seperti dalam permainan peran (RPG), pemain dapat meningkatkan level tokoh pahlawan mereka dan menggunakan emas untuk membeli perlengkapan selama permainan.

Permainan ini dikembangkan dengan menggunakan World Editor dari permainan Warcraft III: Reign of Chaos, dan dirubah dengan dirilisnya The Frozen Throne. Terdapat berbagai konsep dasar, dengan yang paling populer adalah DotA Allstars, yang diurus oleh beberapa pembuat map selama pengembangan. Sejak dirilis, Allstars muncul dalam beberapa turnamen dunia, termasuk BlizzCon Blizzard Entertainment dan World Cyber Games Asia, dan juga liga Cyberathlete Amateur dan CyberEvolution.

Kegunaan:

· Bagi umat manusia, game ini akan menjadi salah satu alternatif hiburan baru dan dapat dikembangkan menjadi sistem permainan yang bukan hanya sekedar permainan namun dihubungkan dengan dunia nyata (misalnya untuk manajemen suatu sistem ) .

· Bagi penggemar game, game ini akan menjadi inovasi permainan baru yang sangat menarik dan dapat menimbulkan kompetisi antara para pemainnya yang tersebar di seluruh dunia.

· Game ini melatih kemampuan pemain untuk mengatur strategi, juga melatih kemampuan konsentrasi dan logika.

Display:


Skenario software (Game Play):

DOTA Allstar mempertemukan 2 kubu yang bermusuhan yaitu sentinel vs scourge, kedua faksi ini akan bertempur untuk menghancurkan markas lawan. Sentinel lebih kental dengan unsure elf pada ancient nya, dan scourge merupakan ancient nya undead. Dalam permainan Dota kita diwajibkan memilih satu karakter HERO (dimana ada mode yang membuat kita bisa own pick atau random hero). Hero tersebut dapat kita pilih di tavern yang tersedia. Total ada 8 tavern 4 di scourge dan 4 di sentinel . Setiap Hero tersebut mempunya skill masing-masing dan kemampuan yang berbeda-beda pula. Hero akan muncul pertama sekali di fountain, di sini hero bisa memulihkan HP dan MP secara cepat. Dalam pertempuran kita juga dibekali oleh tentara-tentara memiliki kemampuan level rendah yang dalam hal ini kita sebut sebagai creep. Creep ini muncul dalam tiap rentang waktu tertentu, bergerak sesuai dengan jalurnya, tidak bisa dikontrol dan akan memukul unit lawan (creep, hero ataupun bangunan). Selanjutnya semua tergantung si pemain dalam meningkatkan level hero, meramu item yang pas (pertama kali akan diberikan sejumlah gold untuk membeli sejumlah item. Level dan gold akan dapat kita tingkatkan dengan cara membunuh creep musuh dan hero musuh.


Diagram screen:



Analisis:


Sistem yang dibangun melibatkan komponen klien dan server. Pemain dan admin berada pada sisi klien sedangkan pada sisi server terdapat server untuk permainan dan server untuk melayani penyimpanan dan pengambilan data dari database. Komponen – komponen tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut :

· Admin dapat memonitor pemain-pemain yang sedang online, dapat mengirim pesan ke seluruh pemain, mempunyai hak untuk memutuskan koneksi pemain, serta dapat me-restart aplikasi server.

· Pemain dapat melakukan interaksi dengan pemain lain setelah tersambung dengan server permainan. Interaksi tersebut misalnya komunikasi (chatting), image view, dan battle.

· Pemain memiliki karakter yang dapat dikontrol dan terus berkembang seiring dengan banyaknya interaksi yang dilakukan dengan pemain lain (battle).

Kesimpulan


Blizzard sendiri mengakui akan popularitas DotA yang melebihi permainan Warcraft mereka sendiri, sehingga telah memasuk hall of fame battlenet Blizzard. DotA sendiri telah sering menjadi salah satu jenis permainan yang dipertandingkan di Turnamen dunia, seperti Blizzard's BlizzCon convention pada tahun 2005, World Cyber Games 2005, 2006 di Malaysia & Singapore, dan World Cyber Games Asian Championships 2006. Di Filipina dan beberapa negara DotA telah mengambil alih popularitas Counter-Strike sebagai permainan yang paling sering dimainkan. Ini bukti bahwa suatu game juga dapat digunakan sebagai interaksi antar manusia dan komputer lewat sebuah permainan online.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar